7 Cara Jaga Berat Badan Ideal Meskipun Sibuk Bekerja

Cara Jaga Berat Badan Ideal Meskipun Sibuk BekerjaKesibukan yang cukup padat di kantor kerap membuat orang tidak terlalu memerhatikan kesehatan dan berat badan.

Belum lagi tawaran untuk makan enak di luar bersama teman, jinjingan kue-kue dan camilan serta makanan yang serba praktis akan membuat tubuh semakin menggemuk.

Menjaga kesehatan dan berat badan ideal sebenarnya tidak sulit, bahkan bagi Anda yang sebagian besar menghabiskan waktunya di kantor. Mulailah dengan menerapkan 7 pola hidup sehat ini dalam keseharian Anda, dikutip dari wolipop.

1. Jangan Lupa Sarapan
Sarapan sangat penting untuk meningkatkan energi agar bisa maksimal beraktivitas di pagi menjelang siang. Selain itu sarapan juga meningkatkan kecerdasan, tidak cepat merasa lelah dan mengurangi keinginan untuk ngemil berlebihan di sela-sela jam makan. Sarapan yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, serat dan lemak sehat.

2. Olahraga di Pagi Hari
Aktivitas di pagi hari membuat Anda lebih konsisten dan disiplin untuk fitnes atau nge-gym setiap hari. Selain itu jogging, jalan sehat, aerobik atau bersepeda dalam keadaan perut kosong di pagi hari juga bisa membantu pembakaran lemak serta kalori lebih banyak.

3. Kontrol Nafsu Makan
Agar bisa mengontrol nafsu makan berlebihan, Anda harus pahami dulu apa yang menyebabkan rasa lapar; faktor fisik atau emosional? Jika faktor fisik (misalnya merasa lapar padahal baru menghabiskan sepiring nasi dan lauk) coba alihkan dengan melakukan games, membaca buku, manikur-pedikur, atau bermain bersama anak-anak. Lakukan selama 30 menit dan rasa lapar pun akan hilang.

4. Camilan Sehat
Bekerja di kantor memerlukan energi yang besar dan itu tidak cukup hanya dengan sarapan dan makan siang. Anda juga harus menyelipkan penganan ringan di sela-sela jam makan. Hal ini untuk menghindari Anda makan terlalu banyak di malam harinya. Tapi perhatikan jenis makanannya. Pilih yang mengandung serat, rendah kalori dan rendah gula. Misalnya kacang almond, roti isi selai kacang, yoghurt dan buah, kraker gandum atau buah-buahan.

5. Minum Cukup Air
Kecukupan cairan untuk tubuh tidak harus selalu 8 gelas air putih sehari. Tapi sebaiknya diminum secara sering dan berkala. Berapa banyak air yang dibutuhkan, tergantung dari berat/ringannya aktivitas yang dilakukan. Dengan mencukupi kebutuhan air setiap hari, Anda juga bisa terhindar dari rasa lapar ‘palsu’. Karena seringkali rasa haus disalahartikan dengan rasa lapar.

6. Buah dan Sayuran
Berdasarkan studi yang dilaporkan Dietary Guidelines of America, orang dewasa memerlukan sedikitnya lima porsi buah dan sayuran per hari, dengan 1,5 – 2 cangkir per porsinya. Tapi itu tergantung dari angka kebutuhan kalori harian dan pria serta wanita bisa berbeda kebutuhannya. Wanita di usia 19-50 tahun disarankan makan 7-8 porsi, sementara pria 8-10 porsi. Dan untuk mereka yang di atas usia 50 tahun, disarankan 7 porsi buah dan sayur sehari. Buah dan sayuran kaya akan serat yang bisa melancarkan pencernaan, membuat perut terasa kenyang lebih lama dan menyehatkan tubuh karena kandungan mineral dan vitaminnya.

7. Hindari Obesitas Perut
Duduk dalam waktu lama bisa membuat orang jarang beraktivitas dan cenderung ingin terus ngemil. Aktivitas ini bisa menyebabkan seseorang menimbun lemak di bagian perut. Untuk menghindarinya, sering-seringlah berdiri dari kursi dan berjalan di sekitar kantor. Ambil minum di pantry dengan berjalan sendiri, tidak menyuruh office boy. Di kala senggang, Anda juga bisa berlari atau bersepeda.